Jaringan Radio Komunitas indonesia (JRKI) mendapat penghargaan Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2019 sebagai organisasi peduli penyiaran. Penghargaan diserahkan oleh ketua KPI pusat Yuliandrie Darwis pada kegiatan peringatan Harsianas ke-86 di pandang, Kota Banjarmasin, Senin (01/04/19).

Ketua Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) Sinam M. Sutarno mengucapkan terima kasih kepada KPI atas penghargaan yang diberikan kepada JRKI. Anugerah tersebut menurutnya dapat menjadi sebagai motivasi bagi JRKI dan Aktifis Radio komunitas diseluruh indonesia untuk terus berkaria didunia penyiaran.

“Penghargaan Organisasi Peduli Penyiaran dari KPI untuk JRKI merupakan pengakuan atas eksistensi Radio komunitas di Indonesia. Saya kira ini merupakan kebanggaaan bagi aktivis Radio komunitas yang selalu menggali manfaat dari frekwensi yang sangat kecil ini untuk kebaikan komunitasnya” Ungkap Sinam.

Dijelaskannya, Dalam perjalanan radio komunitas diindonesia telah melakukan berbagai peran dalam upaya mendorong kesadaran bersih anti korupsi, pengurangan risiko bencana, kependudukan dan KB, pemberdayaan perempuan dan anak, dan peran peran lainnya yang menunjukkan bahwa Lembaga Penyiaran Komunitas tersebut memiliki posisi yang strategis dalam pmbangunan. Selain itu penghargaan tersebut juga dapat menjadi sebagai trigger  bagi aktivis Radio komunitas untuk terus menerus menggali manfaat Radio komunitas.

Seiring semakin diketahui peran strategis Radio komunitas, maka bagi pemerintah diharapkan Sinam, untuk dapat memperkuat Radio komunitas, melalui regulasi yang nyaman bagi tumbuh kembangnya Radio komunitas.

“Misalnya saja soal alokasi frekwensi yang adil, perizinan yang mudah dan murah, kemitraan strategis dalam pembangunan komunitas” Ujar Sinam M. Sutarno.

Sumber Asli  : Kanal Inspirasi