MKO

MEKANISME KERJA ORGANISASI
JARINGAN RADIO KOMUNITAS INDONESIA
PERIODE 2004-2007

 BAB I

PENDAHULUAN

Setiap organisasi pada hakekatnya merupakan sistem kerja, yang antara komponen-komponen pembentuknya terjalin secara terpadu. Jalinan tersebut dibangun di atas dasar fungsinya masing-masing dan selanjutnya akan menentukan pola tugas yang akan dilakukan. Agar mampu melaksanakan fungsinya dengan baik, organisasi perlu menyusun mekanisme kerjanya yang akan menjadi pegangan pengurus dalam mencapai tujuan organisasi.

1. Pengertian
Mekanisme kerja organisasi adalah aturan yang memuat perencanaan kerja dan pelaksanaan kerja organisasi bagi pengurus dalam melaksanakan usaha dan aktivitas organisasi yang berdasarkan kesepakatan bersama anggota JRKI.

2.Tujuan
Mekanisme kerja organisasi ini adalah untuk menentukan aturan kerja bagi pengurus JRKI dalam pencapaian tujuan organisasi.

3. Azas-azas Organisasi
a.  Azas Misi
Dalam pelaksanaannya, mekanisme organisasi harus mampu memberikan peluang sebesar- besarnya untuk mengemban misi organisasi dalam memperjuangkan aspirasi bagi anggota.
b.  Azas Fleksibilitas
Dalam pelaksanaannya, organisasi harus menunjukan adanya fleksibilitas untuk menghasilkan daya guna organisasi secara optimal.
c.  Azas Mobilitas
Dalam pelaksanaannya, organisasi harus mampu memberikan peluang, ruang lingkup, dan daya gerak organisasi sehingga tercapainya suasana yang progresif dan dinamis.

BAB II
PENGURUS
JARINGAN RADIO KOMUNITAS INDONESIA

1. Komposisi Kepengurusan

Pengurus Harian Jaringan Radio Komunitas Indonesia terdiri atas:

1. Ketua

2. Wakil Ketua

3. Sekertaris

4. Bendahara

5. Biro

 2. Fungsi dan tanggung Jawab Kepengurusan
a. Ketua
Penanggung jawab seluruh tugas organisasi

b. Wakil Ketua
Koordinator kegiatan organisasi internal serta menjalankan fungsi Ketua apabila berhalangan hadir

c. Sekretaris
Penanggung jawab kegiatan kesekretariatan yang berhubungan dengan hal-hal internal dan ekstern al organisasi.

d. Bendahara
Mengatur keungan organisasi (pendapatan dan belanja) dan merumuskan strategi pencarian sumber-sumber keuangan organisasi.

e. Biro
Penanggung jawab kegiatan di masing-masing biro yang dalam melakukan kerja-kerjanya bertanggung jawab kepada Ketua.

BAB III
MAJELIS ANGGOTA

1. Komposisi
Komposisi Majelis Anggota JRKI terdiri atas:
a. Ketua merangkap anggota
b. Anggota

2. Fungsi dan tanggung Jawab Majlis Anggota

a. Melaksanakan segala ketetapan Kongres JRKI

b. Menjunjung tinggi AD/ART, MKO, GBPK dan

Keputusan-keputusan Kongres lainnya.

c. Melaksanakan pengawasan atas kinerja JRKI

d. Memberikan usulan dan masukan pada JRKI

baik diminta maupun tidak

 BAB IVKONGRESJARINGAN RADIO KOMUNITAS

      1. Kongres Jaringan Radio Komunitas Indonesia

 a. Status1. Kongres JRKI merupakan sidang seluruh anggota Jaringan Radio Komunitas.2. Kongres JRKI memegang kekuasaan tertinggi organisasi3. Kongres JRKI diselenggarakan 3 (tiga)  tahun sekali b. Wewenang1. Menetapkan Anggaran Dasar, Aggaran Rumah Tangga, Mekanisme Kerja Organisasi, Garis Besar Program Kerja, dan pedoman-pedoman pokok organisasi lainnya.2. Mekanisme pertanggungjawaban Pengurus JRKI           selama 3 tahun kepengurusan.3. Menetapkan Ketua periode berikutnya. 2. Jenis RapatRapat-rapat dibawah ini merupakan rapat yang diadakan oleh JRKI: 

      1. Rapat Koordinasi

 1. Statusa. Rapat koordinasi merupakan rapat Pengurus dengan Majelis Anggotab. Rapat koordinasi memegang kekuasaan organisasi dibawah Kongres JRKI. 2. Wewenanga. Membahas masalah-masalah kebijakan organisasi yang bersifat strategisb. Merencanakan dan menetapkan kebijakan  organisasi secara internal maupun eksternal. b. Rapat Kerja 1. Statusa. Rapat Kerja merupakan rapat seluruh pengurus JRKIb. Rapat Kerja memegang kekuasaan organisasi dibawah Kongres JRKI. 2. Wewenanga. Menjabarkan hasil-hasil keputusan  Kongres JRKIb. Merencanakan dan menetapkan kebijakan organisasi secara internal maupun eksternal. c. Rapat Khusus 1. Statusa. Rapat Khusus merupakan rapat yang diselenggarakan oleh biro JRKI dan dihadiri oleh biro masing-masing.b. Rapat Khusus merupakan rapat untuk menjabarkan program kerja JRKI di masing-                     masing biro.c. Rapat Khusus diselenggarakan sesuai kebutuhan. 2. Wewenanga. Menjalankan operasionalisasi dari program  kerja dan kebijakan organisasi lainnya.b. Merencanakan dan menetapkan langkah-langkah operasionalisasi kegiatan. 

BAB VPENUTUP 

Demikian garis-garis besar Mekanisme Kerja Organisasi JRKI periode 2004-2007 untuk dijadikan pedoman dalam memacu gerak organisasi oleh pengurus.