Kegiatan

Saat ini JRKI (Jaringan Radio Komunitas Indonesia) sedang menguatkan gerakan bersama para anggota JRK di wilayah yang beranggotakan oleh radio komunitas di 17 Provinsi di Indonesia, yakni :

1. Penguatan Jaringan
Penguatan jaringan adalah program internal JRKI untuk menguatkan kelembagaan JRKI. beberapa program yang sedang berjalan adalah pembuatan database radio komunitas dan media internal. Media Internal ini berbentuk; buletin, milis, pertemuan, website ( baru bisa bikin blog).

2. Advokasi
Program ini bertujuan memperbaiki kebijakan-kebijakan yang berkaiatan dengan radio komunitas supaya radio komunitas bisa hidup terus-menerus dan tetap memperjuangkan perubahan sosial ke arah yang lebih baik.

3. Hubungan Internasional
Program ini berkaitan dengan jaringan internasional yang sedang memperjuangkan juga radio komunitas. JRKI sudah tergabung dalam Amarc. Isu-isu radiokomunitas di negara lain menjadi perhatian program ini.

4. Fundraising
Program yang berkaitan dengan daya hidup organisasi.

5. Mengudara Melawan Korupsi ( GRKIB = Gerakan Radio Komunitas Untuk Indonesia Bersih) di dukung oleh Radio Streaming Kanal KPK ( Komisi Pemberantasan Korupsi).

6. Mengudara Suarakan Keluarga Berencana ( Rakom KB ) berkerja sama dengan BKKBN Pusat dan Daerah.

7. Mengawal Revisi Undang-Undang Penyiaran No.22 tahun 2002

8. Mendorong Proses Perijinan Radio Komunitas sesuai peraturan yang di isyaratkan Undang-Undang soal Lembaga Penyiaran Komunitas.

9. Mengawal implemetasi Undang-Undang Desa dan Peraturan Pemerintah UU Desa No.6 Tahun 2014.
10. Penguatan Komunitas Lokal di masing-masing Radio Komunitas.